Madrasah Aliyah (MA)

Berpijak dari program pendidikan di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek yang menawarkan program 12 tahun di pondok dan untuk melanjutkan jenjang pendidikan Madrasah Tsanawiyah Qomarul Hidayah yang sudah ditempuh siswa selama3 tahun, maka pihak yayasan berinisiatif mendirikan  Madrasah Aliyah Qomarul Hidayah.

Pendirian Madrasah Aliyah ini pada awalnya ditujukan untuk menampung lulusan dari MTs Qomarul Hidayah Tugu dan sekolah menengah pertama yang sederajat. Pendirian Madrasah juga  diilhami oleh masyarakat yang mencita-citakan adanya pendidikan yang modern di Trenggalek yang mantap, positif dan berkwalitas dan terhindar dari pengaruh negatif.

Pondok Pesantren Qomarul Hidayah adalah pendidikan Islami yang menerapkan tiga kurikulum pendidikan yaitu kurikulum salafi sebagai dasar aqidah, pembinaan aklak dan pembelajaran ilmu alat, sedangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan diterapkan sebagai pendidikan formal.Didukung oleh tokoh-tokoh masyarakat dan ulama, pakar pendidikan, pengsaha dan tokoh muslim lainnya disusunlah panitia yang dinamai Pengurus Yayasan Pendidikan Sosial dan Dakwah Islam Qomarul Hidayah dengan Akte Notaris nomor 19 tanggal 20 Juni 1984.

Madrasah Aliyah Qomarul Hidayah mulai dibuka sejak tanggal 7 Januari 1983, setelah diadakan penelitian oleh pihak yang berwenang, maka dikeluarkan piagam pendirian madrasah swasta tertanggal 27 Desember 1985 dengan nomor 45.

Pada tahun 2009 Madrasah Aliyah Qomarul Hidayah mendapatkan piagam akreditasi berdasarkan supervisi dan penilaian oleh asesor dari Badan Akreditasi Propinsi Jawa Timur dan mendapatkan nilai baik sehingga berhak mendapat predikat Terakreditasi B, pada tahun 2010 sesuai dengan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur Nomor Kw. 13.4/4/4/PP.00.6/20/2010 Madrasah Aliyah Qomarul Hidayah diberikan Piagam Operasional dan NSM baru yaitu 132135030006.

(Visited 195 times, 1 visits today)