Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qomarul Hidayah (setingkat Sekolah Dasar) adalah salah satu unit pendidikan tertua di lingkungan Pondok Pesantren Qomarul Hidayah. Madrasah yang terakreditasi B (baik) dengan Nomor Induk Madrasah/Sekolah: 11235030073 ini didirikan pada tanggal 1 Januari 1964.

Kepala Madrasah dijabat oleh Ustadz Aziz Luki Ahyar,S.Pd.I, MSI. Peserta didik pada MI Qomarul Hidayah berjumlah 181 orang. Tenaga guru berjumlah 17 orang terdiri dari lulusan berbagai perguruan tinggi dengan jenjang pendidikan sarjana strata 1 (S1) dan pasca sarjana (S2).

Fasilitas yang dimiliki terdiri dari 7 ruang kelas, 1 Laboratorium Komputer, 1 ruang kantor/ruang guru. Disamping itu, disediakan pula kendaraan antar jemput untuk murid-murid yang berdomisili jauh dari sekolah.

Program unggulan MI Qomarul Hidayah adalah Tahfidzil Qur’an dan Komputer. Kegiatan extrakurikuler antara lain: Pramuka, Manasik Haji, Seni Tari, Drumband, Qasidah, dan hafalan surat-surat pendek Al-Qur’an.

Pada tanggal 5 Agustus 2015, secara resmi telah dibuka Madrasah Ibtidaiyah (MI) Qomarul Hidayah filial di Desa Prambon, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Pembukaan MI di Desa Prambon ini dimaksudkan untuk  memenuhi minat masyarakat guna menyekolahkan putra-putrinya  di Yayasan PP Qomarul Hidayah, namun terkendala jarak yang relatif jauh.

Dengan pembukaan cabang baru di Desa Prambon -sekitar empat kilo meter dari YPP Qomarul Hidayah- diharapkan memacu peningkatan kualitas MI Qomarul Hidayah dalam memberikan pendidikan Islam kepada masyarakat.

(Visited 220 times, 1 visits today)