Madrasah Tsanawiyah (MTs)

Pada tahun 1960an, Pesantren Qomarul Hidayah ikut serta sebagai penyelenggara program Ujian Guru Agama yang dikenal dengan UGA. Para alumni UGA ini selanjutnya diangkat menjadi guru agama di berbagai sekolah terutama di Trenggalek. Program UGA pada saat itu diselenggarakan oleh pemerintah untuk memenuhi  kekurangan tenaga guru agama di sekolah-sekolah dasar.

Bermula dari program UGA ini, selanjutnya pada tahun 1966 Pesantren Qomarul Hidayah mendirikan Pendidikan Guru Agama (PGA) 4 tahun. Sesuai dengan peraturan pemerintah, selanjutnya PGA disesuaikan menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau setingkat dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Alhamdulillah, ditengah segala keterbatasan dukungan dana operasional, MTs berhasil menyandang akreditasi A atau kategori sekolah dengan predikat “Sangat Baik”. Jumlah murid 194 orang siswa putra dan putri. Kepala Sekolah saat ini dijabat oleh Ustadz H. Saiful Mahbub, S.Sy. Fasilitas antara lain laboratorium bahasa asing, lapangan futsal, dan drumband. Sebelum pulang, seluruh siswa diwajibkan mengikuti sholat Dhuhur berjamaah.

(Visited 89 times, 1 visits today)